Wabah Corona Meningkat, Tisu Di Toilet Di Gembok Menghindari Pencurian

by -4 views
Wabah Corona Meningkat, Tisu Di Toilet Di Gembok Menghindari Pencurian
Wabah Corona Meningkat, Tisu Di Toilet Di Gembok Menghindari Pencurian

Jagoberita – Wabah corona sampai kini masih menjadi perdebatan di sebanyak negara di dunia. Bagaimana tidak, keselamatan masyarakat dunia dalam bahaya akan adanya virus corona Wuhan (COVID-19).

Tak menantikan waktu lama, virus corona telah masuk ke sebanyak negara di luar China. Merebaknya virus corona menciptakan WHO dan pemerintah mengimbau guna selalu mengawal kesehatan. Salah satunya memakai masker.

Namun, sekarang masker telah menjadi barang langka.

Jangan Panik

Maraknya virus corona di dunia menciptakan pemerintah dan WHO mengimbau masyarakat guna selalu mengawal kesehatannya.

Salah satunya dengan memakai masker ketika berada di luar rumah. Tidak melulu itu, masker pun usahakan dipakai saat berada di suatu perkumpulan massal.

Kendati begitu, pemerintah pun meminta warganya guna tidak panik berlebihan. Bukan tanpa alasan. Segala upaya akan dilaksanakan pemerintah dalam menanggulangi virus corona.

Mulai dari mengasuh pasien terinfeksi sampai menjaga pintu masuk perbatasan negara dengan ketat.

Masker dan Hand Sanitizer Langka

Alih-alih tenang, masyarakat justru diciptakan panik sebab sampai kini perkabaran virus corona belum mereda. Kepanikan tersebut membawa sebagian masyarakat membeli semuanya masker dan hand sanitizer di toko ataupun supermarket.

Menjadi barang yang paling ditelusuri dan dibeli masyarakat menciptakan masker dan hand sanitizer menjadi langka. Stok toko ataupun supermarket berakhir terjual.

Beralih ke Tisu

Tidak berhenti menggali jalan lainnya, masyarakat kemudian berpindah ke tisu toilet. Berdasarkan keterangan dari sebagian besar orang, tisu toilet dapat dijadikan sebagai masker pencegah virus. Banyak yang mencari, tisu toilet turut menjadi barang langka.

Susah ditemukan, hadir lah sejumlah kasus pencopetan tisu di toilet umum. Terlebih di Jepang. Sebab, Jepang menjadi di antara negara dengan permasalahan virus corona tertinggi. Kepanikan warganya ini pun sampai viral di media sosial.

Tisu Toilet Digembok

Melihat begitu tidak sedikit aksi pencurian, pengelola toilet umum ternyata tak kehabisan akal. Agar tak dicopet lagi, tisu di toilet umum ini digembok oleh pengelola. Melansir dari akun Twitter @DJ_meatkun, tampak tisu di di antara toilet umum dipasang rantai gembok.

Di samping itu, ada pun yang menyerahkan peringatan di dekat tisu toilet diletakkan. Bunyi peringatan itu yakni untuk siapa saja yang kedapatan menculik tisu toilet maka akan diadukan ke pihak berwajib.

Tindak Kriminal

Dikenal mempunyai aturan yang ketat, Jepang akan menyerahkan hukuman untuk siapa saja yang mencuri. Bahkan menculik tisu toilet sekalipun. Ya, aksi pencopetan tisu toilet ini masuk dalam tindak kriminal di Jepang.

Bukan sembarang aturan, sejumlah tahun lalu telah ada yang menyantap hukuman ini. Seorang lelaki berusia 64 tahun tertangkap usai menculik tisu toilet berkisar Rp61 ribu per gulungan tisu di Prefektur Shimane. Agen Domino

Pria tersebut akhirnya didenda sebesar 200.000 yuan atau setara dengan Rp407 juta dampak aksi pencuriannya pada tahun 2018 lalu.