Gejala Gejala Kamu Yang Kecanduan Internet

by -6 views
Gejala Gejala Kamu Yang Kecanduan Internet
Gejala Gejala Kamu Yang Kecanduan Internet

Jagoberita – Internet juga bisa membuat orang kecanduan. Apabila anda menghabiskan banyak waktu bermain video game sampai lupa makan, atau terus-menerus memeriksa setidaknya tiga akun medsos setiap hari, sehingga mengurangi efiensi di tempat kerja bisa jadi mengalami Internet Addiction Disorder (Gangguan Kecanduan Internet).

Menurut beberapa penelitian, menderita kecanduan internet menyerupai ketergantungan narkoba atau alkohol. Namun kalau hanya memeriksa email setiap harinya untuk pekerjaan kantor tidak memenuhi syarat untuk gangguan tersebut.

Gangguan kecanduan internet bisa berdampak pada hubungan pribadi, kehidupan sekolah atau pekerjaan secara negatif karena orang menjauhkan diri dari orang lain dan lingkungan sosial mereka.

Gejala emosional kecanduan internet :

– kecemasan, ketakutan dan agitasi
– Pertahankan diri
– Tidak jujur
– Kesepian dan depresi
– Euforia saat menggunakan komputer
– Perasaan bersalah
– Ketidakmampuan untuk mengikuti jadwal
– Isolasi
– Perubahan suasana hati
– penundaan

Sementara gejala fisik dapat berupa :

– Sakit punggung
– Sindrom Terpal Carpal
– Sakit kepala/insomia
– Berat badan turun dan tambah
– Kebersihan pribadi buruk
– Masalah mata

Gangguan Kecanduan Internet sudah di akui Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders sebagai penyakit yang memerlukan penelitian lebih lanjut, namun alat standar untuk mendiagnosis gangguan tersebut belum di temukan.

Untuk mengobati gangguan ini, orang-orang hanya harus mengenali dulu kalau penggunaaan internet yang berlebihan merupakan masalah. Domino Online

Apabila penggunaan internet hubungan sosial dan kegiatan sehari-hari mengalami perubahan, sudah saatnya mencari nasihat profesional.