Basuki Tjahaja Purnama Resmi Menjadi Komisaris Utama PT Pertamina

by -4 views
Basuki Tjahaja Purnama Resmi Menjadi Komisaris Utama PT Pertamina

Jagodomino – Anggota Komisi VI DPR RI Darmadi Durianto angkat bicara soal penunjukkan Basuki Tjahaja Purnama sebagai komisaris utama PT Pertamina (Persero).

Berdasarkan keterangan dari dia, kewenangan Komut yang terbatas menciptakan Ahok tidak leluasa mengerjakan perbaikan secara fundamental.

“Sebagai Komut, Ahok tidak mempunyai wewenang guna eksekusi kepandaian strategis sehingga anda tidak akan menemukan hasil yang maksimal seperti ketika Ahok menjadi Gubernur DKI,” ungkap dia dalam penjelasan tertulis di Jakarta.

Adapun berhubungan permintaan menteri BUMN supaya Ahok mengundurkan diri dari keanggotaannya dari parpol, Darmadi menambahkan, sepanjang tidak terdapat aturan yang tegas maka urusan itu tidak butuh diperdebatkan.

“Bukan substansi pun soal tersebut dan tidak terdapat aturan UU yang secara tegas dan jelas menata soal itu. Yang sangat penting kan bagaimana seseorang ketika diandalkan atau ditempatkan untuk melaksanakan amanah dia bisa menjalankannya dengan baik,” kata dia.

“Banyak pun dari kalangan profesional tapi teknik kerjanya tidak cukup baik bahkan terlibat permasalahan korupsi. Berdasarkan keterangan dari saya persoalannya bukan dia berasal dari parpol atau bukan namun integritas dan komitmen yang powerful dalam memajukan sebuah perusahaan dalam urusan ini BUMN,” tegas ungkap dia.

Sekali lagi, kata dia, jabatan Komut yang diserahkan ke Ahok tidak sesuai dengan karakter mantan gubernur DKI Jakarta itu.

“Kewenangannya terbatas kalau melulu jadi Komut. Padahal kita menginginkan Ahok dikasih jabatan dengan kewenangan yang memadai. Biar dia dapat pukul mundur orang-orang yang coba-coba gerogoti BUMN,” tutupnya.

Tugas Ahok Yang Di Kasih Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberitahukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina. Erick pun menyerahkan pekerjaan lokasi tinggal alias PR yang mesti dirapikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Salah satu tugas yang diamanahkan untuk Ahok di perusahaan pelat merah itu ialah mengurangi impor minyak dan gas (migas).

“Bagaimana unsur terpenting Pertamina, bagaimana meminimalisir impor migas mesti tercapai, ya bukan berarti antiimpor, namun mengurangi,” kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Erick menuliskan bahwa Ahok ialah sosok pendobrak untuk mengisi target pembangunan kilang minyak. Berdasarkan keterangan dari dia, urusan tersebut adalahtugas berat sehingga diperlukan teamwork yang tidak saja direktur utama saja.

“Karena itulah mengapa kemarin anda juga hendak orang yang pendobrak, bukan pendobrak marah-marah, saya rasa Pak Basuki berbeda, Pak Ahok berbeda, anda perlu tokoh pendobrak agar ini cocok dengan target,”. Agent Domino

Di samping Ahok, Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin pun akan menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama BUMN. Sementara, Emma Sri Martini menjadi Direktur Keuangan Pertamina.

Emma sebelumnya ialah Dirut Telkomsel. Dia menggantikan Pahala N Marsury yang sekarang menjadi Dirut BTN. Sedangkan, mantan pimpinan KPK Chandra Hamzah menjadi Komisaris Utama BTN.